Dukung Percepatan Vaksinasi, Al-Kamal Gelar Vaksinasi Massal
Alkamalblitar.com- Pondok Pesantren Terpadu Al-Kamal dan lembaga pendidikan sekitarnya bekerja sama dengan Polresta Blitar dan RSU Al-Ittihad menggelar vaksinasi massal pada Sabtu, 11 September 2021. Vaksinasi serentak ini merupakan salah satu progam pemerintah provinsi dengan kerjasama Polri, TNI, serta Dinas Kesehatan Daerah. Sasaran vaksinasi seluruh adalah santri PPTA, para siswa di lembaga sekitar pesantren yang sudah berumur 12 tahun, dan masyarakat umum. Vaksinasi COVID-19 dengan jenis vaksin Sinovac ini bertujuan untuk menghentikan penyebaran virus covid-19 dan membetuk kekebalan kelompok (herd immunity). Selain itu, vaksinasi ini merupakan bentuk pendukung kegiatan pembelajaran tatap muka sekolah formal (PTM) di lingkungan Pondok Pesantren Terpadu Al-Kamal yang mensyaratkan minimal 70% siswa sudah melakukan vaksinasi baik dosis pertama maupun kedua.
Pendistribusian vaksin sejumlah 1.700 dosis terbagi menjadi tiga pos. Pos pertama berada di GOR SMP Al-Kamal, dengan sasaran seluruh santri Al-Kamal yang sudah mendapatkan vaksin dosis 1, dan pelajar SMP dan SMK Al-Kamal. Pos kedua berada di MAN 3 Blitar dengan sasaran seluruh siswa MAN 3 Blitar dan santri PPTA tingkat Aliyah yang belum mendapatkan vaksin dosis 1. Sedangkan pos ketiga berada di MTsN 1 Blitar dengan sasaran seluruh siswa MTsN 1 Blitar dan santri PPTA tingkat Tsanawiyah yang belum mendapatkan vaksin dosis 1.
Pelaksanaan vaksinasi COVID-19 kali ini berlangsung dengan ketat protokol kesehatan, karena tidak ada perbedaan tempat vaksin antara santri dan non-santri. Selain itu, pelaksanaan vaksin yang bertepatan dengan hari aktif madrasah membuat peserta vaksin tetap mengikuti kegiatan belajar secara daring sambil mengantri gilirannya vaksin. (Tata)