Journalism Community of Al Kamal (Jourtea)

Journalism Community of Al Kamal (Jourtea), merupakan wadah untuk mengembangkan minat dan bakat serta kreativitas santri Pondok Pesantren Terpadu Al Kamal dalam bidang tulis menulis dan jurnalistik. Kegiatan ekstra ini menjadi salah satu kegiatan ekstra tertua di Pondok Pesantren Terpadu Al Kamal. Jourtea lahir pada tahun 2003 dengan nama Voice of Al Kamal. Dengan berbagai dinamika dan perkembangannya, akhirnya berganti nama menjadi Jourtea pada tahun 2013 atau tepat 10 tahun kiprahnya di PPTA.

Kegiatan-kegiatan yang ada di dalam Jourtea diantaranya: menulis berita, baik straight news maupun features, artikel, opini santri, puisi hingga cerpen. Selain itu, pada beberapa tahun belakangan ini, jourtea menambah kegiatannya dalam bentuk fotografi dan desain grafis.

Untuk lebih mengasah keterampilan santri, Jourtea sering mengadakan diklat dan pelatihan jurnalistik dengan mendatangkan pemateri-pemateri yang sangat berkompeten di bidangnya.

Hal itu terbukti, selain menerbitkan mading, saat ini jourte juga sudah menerbitkan bulletin yang terbit sebulan sekali.