IQBIDL AD-DUNNYA BIL KAFAATIL LUGHOWIYAH
PORSA… PORSA… PORSA… PORSA… PORSA
SA… SA… SA… SA… SA
Dengan semangat ’45 para santri Al-Kamal berbondong-bondong menuju ke halaman MAN 3 Blitar pada hari Ahad, 17 Desember 2017 untuk melaksanakan apel pembukaan PORSA yang ke-21. Dengan diketuai oleh Ahmad Zidni Zainul Iksan, PORSA yang bertemakan “Iqbidl Ad-Dunnya Bil Kafaatil Lughowiyah” ini akan diselenggarakan hingga hari Sabtu, 23 Desember 2017, dengan diikuti oleh seluruh santri yang terbagi menjadi 10 qobilah berdasarkan daerah asalnya, yaitu ABS As-Syarqi dan As-Syamali, HIKASARI, ASIA, COSACA, IKSANTA United, IKSANTA City, IKSANTA UCY, Corner of IKSANTA, serta Central of IKSANTA. Pembagian santri menjadi beberapa qobilah ini bertujuan untuk mempermudah pengaturan santri.
Apel pembukaan Pekan Olah Raga dan Seni Santri Al-Kamal, atau PORSA kali ini diprotokoli oleh Lutfi Fatus Sholihah, meskipun protokoler menggunakan bahasa Indonesia dalam apel ini, tapi pemimpin apel, Husein Rifa’i, dan pemimpin setiap barisan tetap menggunakan bahasa Arab untuk memberi instruksi kepada peserta apel.
“Isi liburan dengan kegiatan yang positif, dan ikuti kegiatan PORSA ini sebagai ajang menggali potensi. Saya yakin semua santri pasti memiliki potensi, yang tidak bisa  menyanyi, bisa qirotul kutub, yang tidak bisa qiroatul kutub, bisa jadi jurnalis, yang tidak bisa semuanya, bisa jadi melayani semuanya. Di pesantren itu harus merasa tidak bisa, agar tetap mencari ilmu dengan sungguh-sungguh”. Pesan KH. Asmawi Mahfudz dalam amanatnya ketika menjadi inspektur apel pembukaan.
Lomba yel-yel antar qobilah langsung dilaksanakan seusai apel pembukaan PORSA 21, sebagai lomba pertama. Tidak hanya itu, pada hari pertama (17/12) PORSA kali ini juga dilaksanakan lomba Muroqi, Adzan, dan Tarkhim pada pukul 13.30, dan insya’ 3 bahasa pada waktu yang sama, serta lomba story telling dan taqdimul qishoh pada pukul 19.30. (tat’s.red)
Beberapa dokumentasi acara hari ini (for more on instagram @alkamal_blitar)

Lomba Insya’ Dua Bahasa


 

Lomba Story Telling dan Taqdimul Qishoh

Baca juga  Iksanta City Rebut Juara Imathoh