Gemuruh Riuh Penyambutan Santri Baru 2024
Alkamalblitar.com- Terik matahari yang tenang nan tak terlalu menyengat kulit menyambut hari ini. Ahad, 7 Juli 2024 menjadi hari yang dinantikan oleh warga pesantren yang merupakan hari penerimaan santri baru. Terlihat sibuknya para panitia tang berlalu lalang untuk mengatur kegiatan agar berjalan dengan lancar. Kegiatan serah terima dilaksanakan di surfah masjid, diikuti oleh seluruh santri baru beserta wali santri. Juga dihadiri oleh para ustaz markazy dan juga para masyayikh.
Rangkaian acara dimulai oleh MC Ustaz Ahsin Fatawi dan Ustaz Ihza Fajar. Dilanjut dengan pembacaan ayat suci Al Qur’an dari Akhi Chical Akbar. Setelah pembacaan ayat suci Al Qur’an kegiatan dilanjut sambutan-sambutan. Sambutan yang pertama yakni sambutan dari wali santri yang berdomisili dari Kalidawir. Dilanjut dengan sambutan dari Ustaz Afrizal Nur Ali sebagai perwakilan markazy. Sambutan ketiga yakni dari masyayikh yang diwakili oleh KH. AMinudin Fahruda, S.Ag. Beliau mengucapkan selamat datang bagi para santri baru dan beliau berharap mereka dapat kerasan  di PPTA ini. Dilanjutkan dengan doa oleh DR.KH. Asmawi Mahfudz, M.Ag. Rangkaian acara terakhir yaitu pembacaan tata tertib pesantren yang dibacakan oleh Ustaz Abu Sufyan selaku pengurus keamanan markazy. Dirangkaian acara ini para wali santri dan santri diarahkan untuk bersama.
Para santri baru juga diberikan bithoqoh sebagai buku perizinan dan juga buku yang tercantum Undang-Undang Pesantren. Selesai pembacaan, seluruh santri diarahkan menuju firqoh masing-masing dan mempersiapkan barang-barang mereka. Terlihat momen keharuan ketika harus berpisah dengan orang tua mereka. Sebagian dari mereka ada yang menumpahkan air mata, namun dengan tekad kuat mereka harus menuju kamar mereka.(itsqiy.red)