SELAYANG PANDANG
Pondok Pesantren Terpadu Al Kamal Kunir Wonodadi Blitar didirikan pada tahun 1940 atas jasa perintis KH. Manshur. Sepeninggal beliau, diteruskan oleh putra-putrinya sebagai generasi fase ke II, yaitu KH. Ahmad Thohir Wijaya dan KH. Thobib. Generasi fase ke III oleh Almaghfurlah KH. Drs. Mahmud Hamzah dan KH. Zen Masrur, BA. Pada saat ini Pondok Pesantren Terpadu Al Kamal dibawah kepemimpinan Dr. KH. Asmawi Mahfudz, M. Ag., KH. Ahmad Hasanudin, S.HI, dan KH. Agus Aminudin Fahruda, S.Ag.

Al Kamal didesain berdasarkan riset dan pengalaman yang cukup lama, dengan memadukan kelebihan sistem pendidikan Pesantren Salafy dan keunggulan sistem Pesantren ‘Asry.

Al Kamal merupakan salah satu lembaga pendidikan pesantren yang selalu komitmen meningkatkan kualitas sumber daya calon ulama dan generasi penerus, sebagai bentuk nyata kepedulian terhadap pembangunan manusia seutuhnya dan mencerdaskan anak bangsa.

Santri dibimbing dan diawasi secara khusus dan penuh kedisiplinan dalam kehidupan selama 24 jam bersama pengurus seniornya di asrama, demi menciptakan intelektual muslim yang terlatih, dengan jiwa keagamaan yang mendalam dan wawasan luas, kepribadian yang berakhlakul karimah serta keterampilan komunikasi para santri setiap harinya dengan berbahasa Arab dan Inggris.

VISI DAN MISI
Visi
Terwujudnya generasi muslim yang beriman dan berakhlakul karimah, cerdas, berwawasan luas, yang rela dipimpin dan siap memimpin.

Misi

  1. Mempersiapkan generasi mukmin, muttaqin yang mampu mengaplikasikan nilai-nilai keislaman ‘Ala Ahlussunnah wal Jama’ah dalam kehidupan bermasyarakat.
  2. Mempersiapkan generasi muslim yang cerdas, berwawasan luas, serta menguasai bahasa internasional.
  3. Mempersiapkan generasi muslim yang rela dipimpin dan siap memimpin.

KEUNGGULAN

  1. Pondok Pesantren Terpadu Al Kamal berada di lingkungan madrasah formal baik negeri maupun swasta dengan fasilitas belajar terbesar dan tertua di Kabupaten Blitar.
  2. Bahasa Arab dan Inggris sebagai bahasa komunikasi sehari-hari santri PPTA.
  3. Santri dibimbing membaca kitab kuning secara langsung oleh pengasuh PPTA.
  4. Bimbingan materi UAN khusus kelas III oleh para tenaga professional
  5. Santri dilatih berorganisasi.
  6. Pondok Pesantren Terpadu Al Kamal siap mengantarkan santri berprestasi hingga tingkat nasional.

KURIKULULUM
Secara kurikulum, Pondok Pesantren Terpadu Al Kamal mengaplikasikan kurikulum terpadu, yaitu memadukan kurikulum salafy yang berbasis kajian kitab-kitab kuning dan kurikulum ‘asry yang berbasis pada takhassus lughowiyah. Sehingga para santri dapat mengkaji kitab kuning dengan lancar dan menguasai bahasa Arab dan Inggris dengan baik.

UNIT PENDIDIKAN DI LINGKUP PPTA

  1. PAUD Alkamal
  2. RA Perwanida Alkamal
  3. Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN 2 Blitar)
  4. Sekolah Menengah Pertama (SMP Al Kamal)
  5. Sekolah Menengah Kejuruan (SMK Al Kamal)
  6. Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN 1 Blitar)
  7. Madrasah Aliyah Negeri (MAN 3 Blitar)
  8. POSKESTREN Al Kamal
  9. KOPOTREN Al Kamal
  10. KBIH Al Kamal
  11. Lembaa Kesejahteraan Sosial Anak/ Panti Asuhan Al Kamal
  12. Lembaga Ekonomi dan Pembangunan Pondok Pesantren
  13. Lembaga Pengembangan Bahasa Asing
  14. Lembaga Pemgembangan Bakat dan Minat

 

 

KLIK UNTUK INFO LEBIH LANJUT