Jejak Curiosity di Mars


Setelah sebulan lamanya, Robot Curiosity yang telah menempuh jarak 112 meter ini jejaknya berhasil diabadikan. Jejak yang mirip zig-zag ini difoto oleh kamera (HiRISE) High-Resolution Imaging Science Experiment yang sedang mengorbit planet Mars. Terbukti bahwa jejak yang ditinggalkan Curiosity ini terlihat dari luar angkasa.
Tampak dalam foto garis gelap yang menandakan jejak Curiosity. Gambar bulatan tidak rata berwarna putih dengan pinggiran hitam (di ujung jejak) ialah Robot Curiosity itu sendiri. Sedangkan dua bulatan berwarna kebiruan adalah lokasi pendaratan robot milik NASA.
Jejak yang terlihat di luar angkasa dan berhasil diabadikan itu dinilai oleh Michael Watkins selaku manager misi Curiosity sebagai pencapaian misi yang bisa dilihat, bukan hanya sebatas dibayangkan. Sejatinya, sebelum Curiosity, jejak lain pernah ditinggalkan di Mars. Namun kurang berkesan karena kurang dalam dan panjang seperti halnya jejak Curiosity.

Unik: Jejak Curiosity dilihat dari dekat


Roda Curiosity sengaja dirancang untuk meninggalkan jejak unik sebagai visual odometry. Selain menentukan arah dan posisi robot, jejak berbentuk JPL dalam sandi morse itu bertujuan untuk mengukur seberapa jauh Curiosity telah melangkah.
Curiosity dijadwalkan beristirahat terlebih dahulu dan akan melanjutkan misinya di tempat lokasi bertemunya tiga daratan Mars, Glenelg, guna meneliti batuan Mars.
Sebelumnya, Robot Curiosity mendarat pada 5 Agustus 2012 kemarin dengan misi menyelidiki lingkungan planet Mars seperti komposisi tanah dan batuan di Mars yang bisa mendukung kehidupan. (Saeff)
Sumber: http://gugling.com/2012/09/07/jejak-robot-curiosity-di-mars-berhasil-diabadikan-kamera/