MOPPPFIPPTA Syarat Awal Dan Bekal Jadi Pengurus
Alkamalblitar.com- “Jadi pengurus itu tidak boleh ngantuk, harus selalu terjaga, harus selalu waspada.” Pesan DR.KH. Asmawi Mahfudz, M.Ag., usai pelantikan pengurus firqoh PPTA. Seluruh pengurus firqoh Pondok Pesantren Terpadu Al Kamal diwajibkan mengikuti Masa Orientasi, Pembekalan, dan Pelantikan Pengurus Firqoh Pondok Pesantren Terpadu Al Kamal (MOPPPFIPPTA) selama 4 hari, sejak Selasa sampai Jumat, 11 – 14 Juni 2024. Acara ini bertujuan untuk mengenalkan tugas-tugas kepengurusan. Dalam acara ini juga terdapat pelantikan dan serah terima jabatan dari pengurus sebelumnya.
MOPPPFIPPTA kali ini diikuti oleh 142 calon pengurus. Seluruh acara dipanitiai langsung oleh Markazy dan Ma’had Aly Ashabul Ma’arif, di bawah komando Ust. Syafaat Abdu Gofur, S.H. Peserta mendapatkan 8 materi tentang organisasi, praktek kerja lapangan, hingga praktek LPJ. Selain itu, juga ada materi outdoor guna melatih kepekaan peserta. Pelantikan dan serah terima dilaksanakan pada Kamis, di Syurfah Masjid Al Kamal. Keseluruhan agenda ditutup dengan sahur bersama di subuh hari Sabtu.
“Kita masuk Al Kamal mempunyai harapan dan tujuan. Pondok ingin santrinya beriman, dan bertakwa kepada Allah, berakhlaqul karimah. Wali santri ingin putra putrinya serba bisa, hafal ini itu. Untuk mewujudkan semuanya bersamaan, harus ada aturan dan undang-undang untuk mencapai ritme yang sesuai.” Tutur KH. Aminudin Fahruda, S.Ag.