Meriah: Suasana Pekan Olahraga dan seni santri (PORSA)


 
 
Pekan Olahraga dan Seni Santri Al Kamal yang di singkat PORSA merupakan acara tahunan PPTA yang diadakan setiap akhir semester satu. Dalam PORSA berbagai lomba digelar untuk mencari bakat – bakat muda para santri al kamal. Selain itu PORSA digelar juga dalam rangka untuk memeriahkan taqrirotul lughoh atau penetapan bahasa resmi PPTA yakni bahasa Arab dan Inggris.
Untuk tahun ini PORSA digelar mulai tanggal 23 Desember 2012 sampai tanggal 1 Januari 2013. Waktu ini bertepatan dengan hari libur semester satu. Sehingga tidak mengganggu kegiatan santri di sekolah formal.
Jenis lomba yang digelar bermacam – macam, mulai dari cabang olah raga maupun non olah raga. Dari cabang olah raga seperti futsal dangdut, sepak takraw, bola voli, lari 100 m, lari estafet, lari 400 m dan jumbas (senam santri). Sedangkan dari cabang non olah raga seperti Syarqil Quran, MAT (muroqi, adzan, tarhim), cerdas cermat, pidato tiga bahasa (Inggris, Arab, Indonesia), kaligrafi, hasta karya, resensi film, debat bahasa (arab dan inggris), dan insya’ tiga bahasa (Inggris, Arab, Indonesia)
Peserta dari PORSA ini adalah para santri PPTA yang di bagi dalam berbagai qobilah (kelompok) menurut daerahnya masing-masing seperti qobilah HIKASARI (himpunan keluarga santri Kediri) yang merupakan qobilah santri dari daerah Kediri.. Kemudian ABS (Association of Blitar Students) yang merupakan qobilah santri dari daerah Blitar. Lalu  IKSANTA (Ikatan Santri Tulungagung). Qobilah ini merupakan qobilah terbesar sehingqa qobilah ini harus di bagi kedalam tiga qobilah yaitu Iksanta United, Iksanta City, dan Iksanta UC. Selanjutnya ASIA (Asosiasi Santri Indonesia Al Kamal) yang merupakan qobilah dari daerah selain dari daerah Kediri, Blitar dan Tulungagung, seperti dari daerah Trenggalek, Malang, Surabaya ada juga dari lain provinsi seperti dari NAD, Lampung, Jawa tengah dan dari Papua. Untuk tahun ini jumlah peserta bertambah satu qobilah yakni qobilah COSACA (Communitas Santri Creative of Al kamal) yang merupakan qobilah dari santri LKS putra dan putri.