Datangya ujian semester sekolah ditanggapi pesantren AL-Kamal dengan mengadakan “PAKET SEMESTER”. Program ini bertujuan agar santri bisa belajar dengan waktu yang panjang agar lebih maksimal. Ditinjau dari segi kemanfaatanya sangat besar,tapi tergantung bagaimana cara individu santri dalam memanajemen dan menggunakan waktu yang diberikan guna meraih sukses belajarnya. Dikarenakan selama santri mengadakan paket semester, kegiatan pengajian kitab kuning sore terpaksa ditiadakan dan jadwal adzan dimajukan yang biasanya 04.00 menjadi 03.00, supaya waktu belajar lebih lama.
Paket semester tidaklah sia-sia bagi yang berniat dan bersemangat bukti nyata sudah banyak yang mendapat juara 1. Ini seharusnya dijadikan sebagai motivasi pada santri lain. Kendala masih terpusat pada kemalasan yang diemban.
Pelaksanaan Paket Semester akan dilaksanakan Jumat, 21 Nopember 2014 di surfah masjid Al-Kamal. Untuk memperlancar kegiatan ini, pesantren mengarahkan dari departemen Pendidikan, Keamanan, dan MPK. Hal ini untuk menertibkan santri yang sering teledor, misalkan tidur, ngobrol diluar pelajaran, dll. Jadikan waktu yang kamu dapat meski hanya satu menit, berusahalah bertindak pada pola tindakan yang bermanfaat ! Mari kita merubah keadaan yang lebih baik .
Oleh : Ahmad Izzul Haq

Baca juga  Halal Bihalal Yayasan dan Lembaga Sekitar Pesantren