Alkamalblitar.com- Seperti yang sudah kita diketahui, bahwasanya hari ini (7/8) adalah hari terjadinya peristiwa yang menakjubkan, yakni gerhana bulan. Gerhana bulan merupakan peristiwa yang terjadi saat cahaya matahari terhalangi oleh bumi. Sehingga tidak semua cahaya matahari sampai ke bulan.

Penampakan gerhana bulan di Kab. Pasuruhan

Penampakan gerhana bulan di Kab. Pasuruhan

Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gerhana bulan kali ini dapat di saksikan di bumi Indonesia. Yaitu mulai pukul 22.48 WIB, tanggal 7 Agustus 2017. Kemudian gerhana sebagian awal pukul 00.22,2 WIB, tanggal 8 Agustus 2017. Puncak gerhana akan terjadi pada pukul 01.20,4 WIB. Lalu gerhana sebagian akhir pukul 02.18,8 WIB. Selanjutnya gerhana berakhir pukul 03.52,9 WIB.

Momen yang jarang terjadi ini tidak disia-siakan oleh santri-santri PPTA. Maskipun gerhana terjadi pada tengah malam, semua terlihat semangat menyambut gerhana dengan melaksanakan sholat gerhana bulan berjamaah di masjid Al-Kamal.

Sekitar pukul 00.35 WIB seluruh santri dan asatidz markazy mengikuti jamaah sholat tersebut. Jamaah di pimpin oleh Ust. Kharis Mahmud, S.Ag dan Ust. A. Minanur Rahim, S.Pd.I sebagai khattib. Hal ini dilaksanakan semata-mata karena mengagungkan kekuasaan Allah SWT yang telah mengatur seluruh jagat raya dan sebagai media untuk lebih bisa bertaqarrub kepadaNya.[mikho]

Baca juga  Alfa Shola Meriahkan Isro' Mi'roj di Masjid Al-Barkah