Alkamalblitar.com- Ahad (05/03) Pondok Pesantren Terpadu Al-kamal menggelar diklat Khotib dan Imam, yang diselenggarakan oleh ta’mir masjid ponpes Al-Kamal. Acara diklat ini digelar langsung setelah pengajian ahad wage selesai. Diklat yang digelar di Aula Firqoh Hidayati Mahmud (HM) berlangsung hingga azan Dzuhur berkumandang.
Diklat ini dimoderatori oleh M. Khoirul Umam (salah satu mahasantri) dari mahad aly Ash-Habul Ma’arif Al-Kamal dan beliau KH. Azizi Hasballah dari Selorejo Blitar sebagai narasumber. Acara ini dihadiri Para Pengasuh Pondok Pesantren terpadu Al-Kamal, seluruh ta’mir masjid dan mushola desa Kunir, Asatidz diniyah Al-Kamal serta sebagian santri dan mahasantri Ponpes Al-Kamal.
Diklat yang bertemakan ”Upaya Meningkatkan Dakwah bil Hikmah dan Mau’idzhoh Hasanah” dibuka dengan sambutan dari beliau KH. Dr. Asmawi Mahfudz, M.Ag selaku Pengasuh Ponpes Al-Kamal.
Diklat ini difokuskan pada Khutbah Jum’at, meskipun sejak awal dibahas sedikit mengenai dakwah dan ceramah secara umum, akan tetapi fokus pada bagaimana menjadi khotib yang sesuai dengan syari’at serta mengena dihati para pendengarnya. Bukan hanya sekedar masuk kuping kanan dan keluar kuping kiri, namun bagaimana seorang khotib dapat memberikan atsar (bekas) yang bisa mengkristal dan menjadi akhlaq alkarimah pada diri mustami’in. Wa Allahu A’lamu bi ash-Showab.[asyadgifar@red]

Baca juga  PSB Online Pondok Pesantren Terpadu Al Kamal Resmi Dibuka